Ads 468x60px

Sabtu, 03 Maret 2012

Tutorial Flashing Firmware via Odin

Malam sobat para pengguna SGY, mungkin dah lama nunggu postingan ane yg satu ini ya.....( hahahahaha  )
Hm.... Okelah, kali ini ane mau share tentang cara upgrade SGY FirmWare 2.3.6
Wah,,, kayaknya sudah kagak sabar..... yaudah kalau beg....beg...begitu....


*CATATAN
- Lebih baik back-up dulu semua aplikasi yg sudah di-install untuk jaga-jaga
- Baterai Android minimal masih sisa 75%
- Sebelum flashing dianjurkan untuk melakukan wipe data + cache via recovery mode 

SS Odin untuk SGY GT-s5360


HASILNYA


*note :
untuk " Build Number ", sesuai dengan firmWare yang telah diflash..

misal ente flash DXLC1... nanti di setting >>> about phone >>> build number ( akan terisi " GINGERBREAD.DXLC1 " )


Bahan-bahan :
  1. STOCK ROM
  2. ODIN v1.85
  3. DRIVER SAMSUNG (jika PC/lepy sudah detect dengan smartphone tidak perlu instal ini)
  4. SIAP MENTAL ( padahal cara ini simple dan gampang banget....hhhaaaaa.......... )
  5. Password :  Klik SINI
Panduan singkat :
  1. Download bahan-bahan yang diperlukan di atas
  2. Install Kies, atau Samsung Driver Pack
  3. Unzip paket STOCK ROM yang teah didownload tadi, Anda akan mendapatkan 3 * file tar.
  4. Tutup/Close Kies (kalau jalan)
  5. Buka Odin
  6. Matikan SGY Anda
  7. Tunggu 30 detik
  8. Tekan Volume Down, Home, dan Power pada saat yang sama
  9. Ketika (sekitar 5 detik) layar Peringatan ditampilkan, lepaskan Volume Down dan Power, sampai muncul seperti ini : 
  10.  
  11. Tekan Volume Up (anda akan masuk download mode Odin)
  12.  
  13. Masukan & Browse file tar FW hasil ekstrakan tadi ke dalam odin, dengan isian :
    BOOTLOADER  =  Bootloader_xxx.tar (OPTIONAL)  karena tergantung paket Firmware yang Sobat gunakan
    PDA                   =  PDA_xxxx.tar
    TELEPON           =  MODEM_  PHONE_xxxxx.tar,
    CSC                   =  CSC_xxxxx.tar

     
  14. Tidak ada PIT dan / atau file BOOT yang diperlukan - biarkan kosong! ( namun terkadang ada yang menyuruh untuk memasukkan nomor PIT dari odin >>> OPTIONAL )
  15. Hubungkan ponsel Anda, sampai Anda harus melihat kuning 0: [COMxx] di ID pertama: COM dan "Added" di kotak pesan.
  16.  
  17. Pastikan semua file sudah terisi dan centang Auto Reboot dan F. Reset Time (yang lain biarkan dalam keadaan tidak tercentang )
  18.  
  19. *NOTE :
    Jika sobat ada menggunakan file.totoro.pit , maka pada kolom re-partition akan otomatis tercentang dan itu hal yang wajar... ( bisa dilihat pada video tutor di bawah)
  20. Jika yakin sudah terisi seperti tutor di atas, kemudian tekan START dan Berdoa (semoga berhasil.....)
  21. Tunggu sekitar1-3 menit, sampai ada tulisan PASS hijau! di kiri atas 
  22.  
  23. SGY akan reboot otomatis , selama 2-5 menit sampai selesai startup
  24. Jika terjebak (misalnya booting anim loop) maka:
         - Keluarkan baterai
         - Re-insert baterai, tunggu 30 detik
         - Tekan Volume Up, Home, Power bersamaan >>> CARA MASUK KE RECOVERY MODE
         - Ketika Galaxy logo Y muncul, lepaskan tombol Power
         - Ketika menu Pemulihan muncul, lepaskan tombol Home pertama, kemudian Volume Up
         - Pilih menghapus data / reset pabrik (Vol Atas / Bawah + Depan)
         - Pilih system reboot sekarang



*OPTIONAL ( BOLEH DILAKUKAN, BOLEH JUGA TIDAK DILAKUKAN )
Ketika selesai boot up , sangat dianjurkan untuk mengatur  CSC Anda dengan ketik * # 272 * _your_imei_ # (untuk melihat IMEI ketik * # 06 # di dialer) -> (ini akan menghapus semua data Anda di telepon, tetapi tidak untuk di SDcard)


VIDEO TUTORIAL >>>> BUAT YANG SUKA BUFFERING + BINGUNG..... hahahahaaha 


DO WITH YOUR OWN RISKS

73 komentar:

  1. gan....firmware yang :
    -DXKJ3
    -DXKK4
    -DXLB1
    paling baru yang mana??
    trus bedanya apa??

    BalasHapus
  2. @caca ;
    DXKJ3 >>> FW INdia
    DXKK4 >>> krg tahu ane
    DXLB1 >>> FW terbaru u/ kawasan asia tenggara

    lengkapnya sini http://androiderofblitarian.blogspot.com/2012/03/kumpulan-stock-firmware-update-monthly.html

    BalasHapus
  3. hehe gan sorry corat-coret,,,
    mau tanya kalo ane habis pake creed's v2 langsung pake cara ini???

    BalasHapus
  4. bisa...semua CuaROM bisa... asalkan di wipe data + cache dulu

    BalasHapus
  5. eh... laporr... ane dah nyoba ini... tapi kalo ane auto rotation, gak bisa balek dengan sendirinya kalo pindah posisi...

    BalasHapus
  6. mungkin da kekurangan sma resensitivitasnya kali...
    lagi pul akalo menurut ane jdi ribet kalo di setting auto rotation...

    Hhe...
    (sambil nungguin DXLC1)

    BalasHapus
  7. okeee makasih gan....
    yang DXLC1 masih lama ga gan...

    BalasHapus
  8. gan... maaf nih mo tanya... ane pake DXLB1 trus tombol backnya jadi ga responsif, itu knapa ya gan???

    BalasHapus
  9. sbelumnya HH agan emang dah bgitu gak,, sbelum upgrade FW ??? trus pernah jatoh gak ???

    kalo nggak,,, coba aja agan restart dulu... kalo tetep mungkin da bug sama nih FW...

    sbg perbandingn,, punya ane fine2 aja tuh make DXLB1,, malah tambah cepet...

    BalasHapus
  10. gan ane pake creed's rom kalo ane mau upgrade ke DXLB1 gimana ?
    harus via odin kah?

    BalasHapus
  11. ya kk,,, coz dlu ane pernah mke CR,,, tpi kgak kedetect sma kies... jadi mau g mau ya harus lewat odin...

    jangan lupa untuk wipedata+cache dulu sbelum flashing

    BalasHapus
  12. wipedata+cache gunanya emg utk ap gan ??

    BalasHapus
  13. gunanya bwat ngebersihin data+aplikasi... agar saat upgrade FW atau flashing kgak numpuk sama data yg lama....

    BalasHapus
  14. numpang tanya dari newbe ne gan..
    saya punya SG Young dulu udah di root..
    iseng nge-update lewat "UPDATE PERANGKAT LUNAK" di pengaturan..
    apa ada pengarunya tu gan..??

    tolong penjelasannya

    email : vanhimura40@gmail.com

    BalasHapus
  15. stahu ane gak ada pngaruhnya...
    cuman superuser hasil root akan hilang...
    jadi musti root dulu stelah upgrade FirmWare

    BalasHapus
  16. gan @dba... toong tutor ttg backup & restore donk......
    aku bingung..
    terima kasih

    BalasHapus
  17. wipe + Data itu dmna sich gan?
    sya bngung...

    BalasHapus
  18. bsok aja ya ane post... kalo sempet..hhe..

    BalasHapus
  19. kalo flashing harus konek internet gk????

    BalasHapus
  20. @candra : nggak kok... asalkan ente dah download bahan2 di atas + ikutin tutornya...

    BalasHapus
  21. setting CSC itu dmana sih gan ? kan kalau mau tau IMEI nya di dialer trus ngetik CSC nya dmana ?

    BalasHapus
  22. stock rom ny taro d mn gan?, hp apa laptop??

    BalasHapus
  23. gayung aku kena bootloop, trus harus di flash, bisa langsung pke cara itu ga?help me ya agan yg baik hati,,,he,,he,,he,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa..ikutin tutornya ya neng...biar kagak ada kesalahan...pilih FW DXLB/LC1 aja...

      Hapus
    2. Gan Dampak postif and negatif dari wipe data apa??? Thanks...

      Hapus
  24. gan kok ponsel ane gak ke detect odin

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah download bahan2 di atas + ikut tutor di atas ???

      Hapus
  25. Gan Dampak postif and negatif dari wipe data apa??? Thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dampak - : smua aplikasi yg dah di install, kecuali aplikasi di system/app..bakalan ilang

      dampak + : baik jika ingin tiap ganti ROM,,, menghindari kmungkinan crash...

      tapi, dibalik dampak - pasti ada + nya...;D

      Hapus
  26. Gan kalo flashing ulang PIT sama repartation nya di centang ga? Ane mau balik dari cusRom ke DXLB1

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung pada paket FWnya ada file totoro.PITnya g ???
      ane saranin ga usah...;)

      Hapus
    2. Okeh.. Thanks gan... Misalnya nih PDA CSC sama PHONE ane kan DXLB1, tapi ane pake cusRom repencis v2.5 buatan ente, kalo ane flash ke stock rom DXLC1 bisa???? THanks gan, maklum newbie :D

      Hapus
    3. sorry sebelomnya..tapi repencisROM itu bkan buatan ane..tpi tmen2 ane kk...

      kalo masalah flashing dri FW manapun, insyaALLOH bisa...
      tapi ane saranin install dari stock DXLB1 aja...udah bagus...atau mau coba dari DXLE1...

      Hapus
    4. Ohh... iya maap gan, soalnya ane liat di forum Android Indonesia, berarti ane flash dari cusRom ke stock DXLE1 bisa dong???

      Hapus
  27. gan link Donlod odin na mate

    BalasHapus
    Balasan
    1. thankz..reportnya...link'll we repair soon...

      Hapus
  28. gan.. ane pernah salah uninstal program bawaan di SGY.. trus sering crash gitu...
    ane mau balikin seperti baru beli lagi caranya gmn ?? (aplikasi yg dah terlanjur ke del bs balik lagi)
    Trus klo ane upgreat ke DXLC1 itu bisa balik seperti bari gak ?? **suci tanpa ada aplikasi lain selain bawaan dari DXLC1, termaksut aplikasi lain yg sudah di convert menjadi aplikasi system.
    Makasih yah kakak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa...bakalan kayak new lagi ntar kk...hahahahah

      Hapus
    2. Berhasi kakak ^^ ----->>> MAKASIH yahhhh <<<-----

      tapi T_T
      kok tombol back n menunya malah jadi alot n kurang ngerespon yah klo di sentuh ??
      apakah ini bug yah ?? T_T untuk yanglainnya sih bagus DXLC1 ini cuman itu aj klo dr sy kekurangannya..
      Bisa minta tolong atur supaya rajin ngerespon gmn yah ??

      Hapus
    3. Hahaha.. Baca n cari2 di INET ternyata ada solusinya.. ^^
      1. Jari jangan sampai basah/ berminyak..
      2. Kalo emang masih gak bisa.. Screen Pelindungnya di copot hahaha..
      disisi lain bagus untuk perform disisi lain rusak layar langsung ganti baru T_T
      resiko HP murah gini nih hahaha..
      tp ttp tq yah kang..
      HP saya sudah normal n bisa gila2an lg hehehehe

      Hapus
    4. seep...
      SHARING IS BEAUTIFUL....;D

      Hapus
  29. cara update untuk DXLE1 gmn gan ? cz file yg ada d dlm rar cman ad 2 file. . . mhon bimbinganny

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari post ane di sebelah yg jdulnya ttg FW DXLE...d sono dah ada link download FWnya...

      coz kalo cman berisi 2...kmungkinan ente slah download FW...mungkin itu FW onepackaged..bkan yg fullpackaged...

      Hapus
    2. ato coba extract file S5360DXLE1_S5360XSELB1_S5360DXLE1_HOME.tar lewat WinRar/laennya...

      http://www.android-indonesia.com/forum/samsung-galaxy-y/153276-ask-cara-flash-dxle1-via-odin apa thread ente d AI ????

      Hapus
  30. jadi itu yg bootloader di isi ato enggak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon membaca + ikutin tutor di atas sekali lagi sampai pham ttg apa yg anda butuhkan...;D

      Hapus
  31. gan jangan di protect dong klik kanan.y..!!
    kan jadi repot, padahal kan ini ilm kita juga mau belajar..
    maaf ntu saran ane, keep posting!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..g papa gan...di sini saran dapat diterima dg senang hati kok...
      kalo masalah itu...mungkin nggak bisa dikabulkan u/ saat ini kk...
      maaf bget ya...

      Hapus
  32. gan mau nanya nih,
    tutorial yg lebih dong tentang setting CSC kode

    BalasHapus
  33. gan, awal ny pnya ane stock rom dxle1 trus ane ubah ke curom creed v3.5, lalu ane ubah ke cusrom repencis v3.5 trus ane mw gnti cusrom creed v3.5 kok gag bsa ya gan ?
    mohon jwaban ny gan, ane dah musing3 d gugel^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap mau ganti CusROM usahain balik lagi k stockROM dulu...

      Hapus
  34. gan, file .tar PDA PHONE sama CSC satu file ya?

    BalasHapus
  35. thanks tutorialnya gan. ane pengguna newbie galaxy Y.
    oh iya gan, jangan lupa mampir dan follow blog ane ya gan. ane udah follow blog ini. :D
    salam kenal, salam blogger dan salam droiders indonesia.

    best regards.
    www.galaxy-ilmu.com

    BalasHapus
  36. gan sgy ane kan ane pakein cwm
    dah reboot liat spek fwnya jd fwnya galmin
    bisa di flash ulang gk gan?(ato jangan" gk bisa)
    trus ane liat sinyal hape sama batre gk detect

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja dulu ikutin langkah2 di post atas....

      Hapus
  37. gan FW nya ga ada boot nya gmna gan....

    BalasHapus
  38. DRIEVR SAMSUNG NYA ERROR GAN GK BISA DI DOWNLOAD

    BalasHapus
  39. siiiiiiiiiiiiiiiiiip
    mak nyoooos gan
    matur tenyu

    BalasHapus
  40. mas waktu reboot otomatis USB langsung dilepas gak ?? terus caranya install kies di laptop gmn ?? (maklum newbie,, hehehe)
    dan kalau pake stok rom DXLE1 OLBLD2 DXLE1 itu pengaturanya ada pilihan bahasa indonesianya apa nggak terimakasih :) :D

    BalasHapus
  41. mas mau tanya tuh bootloader diisi apa ??
    kan stok rom kalo sudah di unzip cuma dapet 3 file tar.
    trus botloadernya diisi apa mohon penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya saya pake stok rom DXLE1 OLBLD2 DXLE1

      Hapus
    2. tlong baca tutor + SS di atas dulu ya gan...thx..

      Hapus
  42. thanks. ya gan. saya sudah coba update ke DXLF1 dan ternyata berhasil. ( terlalu sering menggunakan odin) :D

    BalasHapus
  43. ada dampak gak pada laptop kalau sering flashing begini

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...